PALASARI -   Hasil evaluasi kinerja perangkat daerah tahun 2019 menempatkan Inspektorat di urutan pertama, sedangkan untuk kecamatan diraih Kecamatan Paseh.   Atas hasil ini Inspektorat dan Kecamatan Pasehpun diganjar hadiah sepeda gunung.

Pemberian hadiah dilakukan langsung Bupati H Dony Ahmad Munir didampingi Wabup H Erwan Setiawan serta Sekda Herman Suryatman di Tahura Gunung Palasari Jumat (17/1/2020). ”Inspektorat meraih peringkat pertama dengan mutu memuaskan dengan nilai 80,37,” kata Wabup Erwan.

Untuk peringkat dua, mutu sangat baik dengan nilai 70,13 sampai dengan 78,96 diraih 14 perangkat daerah yaitu Rumah Sakit Umum Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Sekretariat Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Kesehatan, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Peringkat Tiga mutu Baik dengan nilai 60,28 sampai dengan 69,88 diraih 14 perangkat daerah yaitu Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Perikanan dan Peternakan,  Dinas Pendidikan, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungam Anak, Sekretariat DPRD, Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa, Dinas Koperaai UKM Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Arsip dan Perpustakan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Perumahan Kawasan Permukimam dan Pertanahan, Kantor Kesatuam Bangsa dan Politik, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Untuk hasil evaluasi kinerja kecamatan dengan hasil sangat baik dengan nilai 70,84 sampai dengan 76,95 diraih empat kecamatan yaitu Paseh, Cimalaka, Conggeang, Cisarua.

Hasil Baik dengan nilai 60,15 sampai dengan 69,16 diraih 19 Kecamatan yaitu Ganeas, Jatigede, Jatinunggal, Darmaraja, Surian, Cimanggung, Sumedang Selatan, Buahdua, Cibugel, Cisitu,  Sukasari, Jatinangor, Situraja, Tomo, Sumedang Utara, Tanjungkerta, Pamulihan, Ujungjaya dan Tanjungsari.

Hasil Cukup dengan nilai 51,99 sampai dengan - 59,41 diraih 3 Kecamatan yaitu Rancakalong, Wado dan Tanjungmedar.

Bupati H Dony Ahmad Munir mengatakan kalau Pemkab Sumedang akan menerapkan rewand dan funishment. Dengan adanya penilian ini diharapkan adanya peningkatan kinerja untuk setiap perangkat daerah dan kecamatan guna  meraih hasil terbaik. "Saya tidak mengharapkan kalau melaksanakan tugas bukan hanya gugur kewajiban," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)