INSPEKTORAT -  Inspektorat Kabupaten Sumedang menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2019t di Aula Tampomas IPP Setda Kabupaten Sumedang, Senin (23/12/2019).  Kegiatan yang mengusung tema “Mewujudkan Sumedang Simpati melalui peran Inspektorat sebagai Konsultan, Katalis, dan menjamin kualitas” dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan.

Kegiatan ini dihadiri APIP Inspektorat Daerah Kab.Sumedang, para Kepala OPD, para Camat, sejumlah Lurah dan Kepala Desa, dengan menghadirkan narasumber dari BPKP perwakilan Jawa Barat Jaya Rahmat.

Gelar Pengawasan bertujuan untuk meningkatkan kinerja pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah serta evaluasi terhadap hasil pengawasan yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kinerja dan perbaikan tata kelola pemerintahan di masa yang akan datang.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengatakan Inspektorat dan APIP memiliki peran strategis dalam mengawal jalannya pembangunan di kabupaten Sumedang agar target daerah yang terangkum dalam Visi Sumedang Simpati maupun RPJMD dapat tercapai secara tepat waktu dan tepat sasaran.

Ia juga mengapresiasi kinerja Inspektorat dan APIP yang telah bekerja secara optimal dalam melakukan tugasnya sehingga berhasil menorehkan prestasi dengan meraih dua penghargaan yaitu Kapabilitas APIP atau Internal Audit Capability Model (IACM) level 3 dan Maturitas SPIP level 3.

“Di tengah torehan prestasi tersebut, masih ada PR yang harus dibenahi Inspektorat Sumedang terkait pencapaian target hasil dari kegiatan pembinaan dan pengawasan,” katanya.

Wabup mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan dapat menjadi salah satu bentuk upaya pembinaan dan pencegahan sehingga gejala penyimpangan yang berindikasi ke arah KKN dapat dicegah. [mth]

(penerbit: sumedangkab.go.id)