SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Kepala BPBD Kab. Sumedang, Ayi Rusmana, meminta masyarakat tetap waspada terhadap bencana. Seperti yang terjadi dengan adanya pergerakan tanah di Dusun Cipari, Desa Sarimekar, Kecamatan Jatinunggal yang dapat menjadi bukti bahwa masyatakat hatus tetap waspada akan bencana.

"Saat ini hujan masih kerap turun. Pergerakan tanah di Sarimekar juga akibat intensitas hujan yang masih tinggi," ujar Ayi, Rabu (27/5/2020).

Menurut Ayi, kewaspadaan bisa dilakukan semua kalangan dengan selalu memperhatikan keadaan lingkungan sekitar. Terutama pada wilayah-wilayah rentan bencana seperti di perbukitan, sekitar aliran sungai dan wilayah potensi longsor lainnya.

"Siapapun bisa mendeteksi dini. Pemerintah desa, masyarakat dan intitusi lain bisa saling kerjasama mewaspadai kebencanaan," ucapnya.

Ia mengatakan, untuk bencana pergerakan tanah di Sarimekar, pihak BPBD akan melalukan kajian dan penanganan secepatnya. Agar masyarakat bisa tenang, tidak dibayangi ketakutan.

Ayi mengimbau, di masa pandemi ini juga tetap kita harus disiplin melakukan SOP protokol kesehatan, semoga semua dijauhkan dari berbagai bencana baik bencana alam maupun bencana nonalam. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)