Jaga Kebersihan Lingkungan Selalu 4M Plus Cegah DBD


Baca juga : Fogging Hanya Mematikan Nyamuk Dewasa Sementara Jentik yang Akan Berkembang
Jaga Kebersihan Lingkungan Selalu 4M Plus Cegah DBD


CIBEUREUM - Memasuki musim penghujan, pemerintah Desa Cibeureum Kulon melakukan rapat koordinasi edukasi  kader mengenai pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di balai desa, Senin (27/1/2020). Rakor menghadirkan  Ade Ramdan, petugas Promosi Kesehatan (Promkes) UPTD Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Cimalaka.

Ade Ramdan menyampaikan pentingnya edukasi rutinan mengenai setiap masalah kesehatan yang sering ada di masyarakat. "Setiap kordinasi yang diberikan, kader wajib menginformasikan dan mengarahkan setiap masyarakatnya," katanya.

Strategi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan 3M plus.  "Pengecekan lingkungan oleh kader harus rutin dilakukan, bentuk gerakan kebersihan lingkungan, terutama 3M, edukasi masyarakat sangat penting," tambahnya.

Menurutnya, 3M adalah menguras, menutup, mengubur) Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. “Bentuk  pencegahan lainnya yang dapat dilakukan menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, “ katanya.

Selain itu, terang dia, menggunakan obat  anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk. (rsi)


Nyamuk, DBD, 4M Plus

Berita Terkait