Penulis Endan Dodi Kusnaedi

DLHK - Bidang Kehutanan Dinas Lingkungan dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang diawal tahun 2023 ini telah melakukan penanam tanaman diareal Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Palasari.

Kepala Bidang Kehutanan DLHK Sumedang Wawan Hernawan mengatakan terdapat 100 pohon yang ditanam diareal yang masih kosong di Tahura Gunung Palasari. Pohon yang ditanam adalah pohon yang berbersifat bisa menyerap air, seperti beringin, loa dan kiara.

"Penanaman pohon ditujukan agar ketersedian air untuk kebutuhan masyarakat disekitar Gunung Palasari tetap terjaga dan tersedia," kata Wawan, Rabu, 22 Februari 2023.

Menurut Wawan, Gunung Palasari saat ini menjadi salah satu areal resepan air ketika turun hujan sehingga keberadaannya harus tetap dijaga dan ditata. Tak heran jelas Wawan kalau pihaknya tidak akan membiarkan areal kosong di sekitaran Gunung Palasari dengan cara ditanami pohon.

Sementara itu dalam pelaksanaan penanaman tanaman yang bersifat menyerap air di Gunung Palasari tersebut pihaknya bekerjasama dengan Cabang Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Barat. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)