Jalan ke Dayeuhluhur Mulus


Baca juga : Jalan ke Dayeuhluhur Mulus
Harum Talas Rebus Sukawening Tercium dari Jarak Jauh
Lahan Kosong di Jalan Lingkar Timur Jatigede Menggoda Investor


GANEAS - Masyarakat yang akan berwisata ziarah ke Desa Dayeuhluhur Kecamatan Ganeas kini tidak akan lagi mengeluhkan kondisi akses jalan yang buruk. Sebab, akses jalan menuju lokasi tempat wisata ziarah tersebut kini kondisinya bagus. Ruas jalan kabupaten Desa Dayeuhluhur kini sedang dihotmiks.

"Alhamdulillah sekarang jalannya sedang diperbaiki, dari total 2 km, kini sudah hampir 1 km yang selesai," kata tokoh masyatakat Desa Dayeuhluhur Ajis Muslim, Rabu (4/12/2019).

Ajis yang mantan kepala desa menuturkan, ruas jalan Dayeuhluhur sudah 11 tahun tidak mendapat perbaikan. Padahal, menurut dia, ruas jalan tersebut akses utama menuju tempat wisata makam salah satu raja Sumedang, Mbah Jaya Perkosa, atau Prabu Geusan Ulun.

"Sejak 2009 tidak tersentuh perbaikan. Dulu medannya sangat berat, jalannya rusak berat. Padahal masih banyak peziarah yang datang, dari luar Sumedang juga banyak," katanya lagi.

Selain akses utama wisata ziarah, ruas jalan tersebut juga merupakan akses penting bagi warga setempat, yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Kini, sudah banyak petani yang membawa hasil kebun dan bertaninya menggunakan sepeda motor.

Ruas jalan yang dihotmiks dari mulai Dusun Sukarasa hingga ke Kantor Desa Dayeuhluhur di Dusun Dayeuhluhur. "Ngareunah ayeuna mah mawa jukut kana motor teh, ngageleser," ucap warga lainnya.

Selain ruas jalan Dayeuhluhur, ruas jalan Desa Sukawening Kecamatan Ganeas juga diperbaiki. Ruas jalan perbatasan dengan Desa Dayeuhluru, tepatnya Dusun Gorowong sepanjang 918 meter kini selesai dibeton. (agn)


Dayeuh Luhur, Ganeas, Jalan

Berita Terkait