JATIGEDE - Pemerintah Kabupaten Sumedang tahun ini rencananya akan melakukan perbaikan jalan Lingkar Utara Jatigede. Saat ini kondisi jalan Lingkar Utara atau jalan bekas proyek Jatigede belum beraspal.

Menurut Bupati H Dony Ahmad Munir untuk perbaikan jalan tersebut, pemkab mendapatkan bantuan dana dari Kementrian PUPR. "Dana yang akan turun untuk perbaikan jalan tersebut sekitar Rp 38 miliar," kata Bupati Dony, Selasa (4/2/2020).

Ditambahkannya sesuai peruntukannya dana sebesar itu akan digunakan untuk membangun jalan sepanjang kurang lebih 3,8 km di jalan lingkar utara yang telah dibebaskan. Pemkab Sumedang sendiri sudah berkoordinasi dengan pihak BBWS terkait penentuan titik 0 nya di mulai dari mana.     "Keinginannya titik 0 di daerah Pasir Ringkik, Cisitu. Di sepanjang jalan Lingkar Utara itu mengelilingi area pesisir Bendungan Jatigede dan banyak spot wisatanya,” kata Dony.

Bupati akses jalan Pajagan Tanjungduriat dan Pajagan Pakualam juga akan diperbaiki dengan sumber dana dari APBD. Dengan dibangunnya jalan Lingkar Utara ini diharapakan akses masuk ke areal wisata Jatigede akan lebih mudah lagi sehingga dapat meningkattkan jumlah kunjungan wisata.  (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)