Jalan Menuju Tempat Wisata Kampung Ciherang Mulus


Baca juga : Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya


TANJUNGSARI - Ruas jalan menuju tempat wisata Kampung Ciherang sekarang mulus. Pemkab Sumedang meningkatkan usa jalan Gudang-Cijambu sepanjang 9,5 km. Jalan yang berada di dataran tinggi denanpemandangan perkebunan palawija ini selaian diaspal hotmiks juga sebagian dirigid beton.

Ruas jalan Gudang-Cijambu ini melintas tiga desa yang ada di kaki Gunung Manglayang. Tiga desa yang dilintas jalan ini mulai Desa Gudang, Desa Kadakajaya, dan Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari. "Peningkatan ruas jalan meliputi laston dan beton rigid,” kata Bupati Dony Ahmad Munir, Kamis (31/10/2019).

Menurut bupati, perbaikan jalan ini diprioritaskan untuk jalan menuju sentra produksi, usaha, pertanian dan kawasan wisata. “Salah satu syarat meningkatkan ekonomi adalah mantapnya jalan,” katanya.

Penjabat Kades Cijambu, Didin S mengatakan sebelumnya hampir sepanjang jalan tersebut kondisinya rusak berat.  "Dulu sangat berat medannya, apalagi kalau hujan jalan sudah tidak terlihat, seperti balong. Dulu juga sempat putus jalan karena longsor," ujarnya.

Ia menyebutkan, jalan tersebut sudah 10 tahun lebih tidak tersentuh perbaikan. Padahal, ruas jalan tersebut akses penting masyarakat Desa Gudang, Kadakajaya, dan Cijambu. Sebab, jalan tersebut akses pertanian, palawija, produksi cemilan dan wisata. "Ruas jalan ini akses penting pertanian, karena ini jalan utama tiga desa. Selain itu juga akses wisata menuju lokasi wisata Kampung Ciherang," ujarnya. [agn]


Sumedang Simpati

Berita Terkait