PALASARI - Ketua Kelompok Penggerak Wisata Gunung Palasari (Kompepar Gunpal), Ade Gofar mengatakan, sejak dibenahinya akses jalan menuju Gunung Palasari, pengunjung yang datang meningkat secara signifikan. Padahal, dulu saat aksea jalan masih rusak, pengunjung bisa dihitung dengan jari.

"Sekarang setelah viral akses jalan ke Gunung Palasari bagus, pengunjung minggu kemarin saja sampai tembus seribu orang, padahal sebelumnya pengunjung dalam sebulan paling hanya sepuluh orang," katanya.

Sejak akses dibenahi, kata dia, setiap hari pengunjung ke Gunung Palasari bisa mencapai ratusan. Bahkan diakhir pekan bisa mencapai ribuan.  "Pokoknya dulu akses ke sini sangat menakutkan," ujarnya.

Dikatakan, Pemkab Sumedang telah melakukan hotmik akses jalan ke Gunung Palasari, yang melalui Sindangpalay Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan, sepanjang 2 km. Kini, Tahura Gunung Palasari menjadi objek favorit wisata baru bagi warga Sumedang. "Ini hiburan masyarakat, tidak jauh dari pusat kota. Kita tidak memberlakukan tiket masuk, untuk parkir saja, itupun sifatnya infaq," tuturnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)