Jangan Lupa Beri Vitamin A untuk Balita


Baca juga : Jangan Lupa Beri Vitamin A untuk Balita
Bidan Desa Latih Kader Posyandu Desa Cibeureum Kulon


GEDUNG NEGARA - Bupati Dony Ahmad Munir mengingatkan masyarakat Sumedang untuk membawa balitanya ke poli kesehatan untuk mendapatkan vitamin A secara gratis. Bupati juga menyampaikan bahwa bulan Februari dan Agustus adalah bulan vitamin A.

"Pada kedua bulan ini dilakukan pembagian suplementasi vitamin A kapsul biru untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A kapsul merah juga diberikan kepada ibu yang dalam masa nifas," ujar Bupati Dony, Senin (3/2/2020).

Pemberian Vitamin A bertujuan untuk mengurangi risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare. Vitamin A dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Vitamin A terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

Kapsul vitamin A dapat diperoleh di rumah sakit, puskesmas, pustu, poskesdes/polindes, balai pengobatan, praktek dokter, bidan praktek swasta atau Posyandu, secara gratis. "Vitamin A yang disediakan pemerintah secara Gratis, untuk mencegah ibu baru melahirkan dan anak agar tidak rentan penyakit sehingga daya tahan tubuhnya baik, " tambahnya. (irs)

 


Vitamin A, Posyandu

Berita Terkait