Jatinunggal Waspadai Bencana


Baca juga : Angin Puting Beliung Kagetkan Warga Cimanintin
Kerjasama Turunkan Angka Kemiskinan


SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL-
Pemerintah Kecamatan Jatinunggal melakukan peninjauan ke wilayah rawan bencana. Dalam peninjauan tersebut, masyarakat diajak untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana. 
"Kami langsung terjun ke wilayah yang berpotensi rawan bencana. Kemudian menyosialisasikan pentingnya pencegahan bencana yang mungkin saja bisa terjadi pada musim hujan ini," ujar Camat Jatinunggal, Edi Wahyu, Senin (13/1/2020).
Edi menyebutkan, pihaknya melakukan peninjauan di sejumlah titik potensi bencana. Termasuk wilayah Dusun Cidarma di Desa Cipeundeuy. Pemukiman warga Dusun Cidarma secara geografis berada diantara kedua tebing. Wilayah ini dinilai paling berpotensi bencana.
"Salah satunya kita juga melihat pembangunan TPT sebagai antisipasi longsor," ucapnya.
Edi mengatakan, sosialisasi bencana wajib dilakukan guna memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang kebencanaan. Di dalamnya, bagaimana warga bisa berperilaku peduli pada wilayahnya. 
Selain itu, pemerintah kecamatan juga berharap adanya peningkatan kewaspadaan dengan melakukan piket malam hari serta memahami langkah-langkah evakuasi jika terjadi bencana.
"Minimalnya kami mengingatkan kepada warga jangan lengah pada musim hujan ini. Karena diluar daerah juga banyak terjadi bencana," katanya lagi.
Selain di Dusun Cidarma kata dia, daerah potensi bencana lainnya ada di wilayah Cimanintin, Sukamanah dan Kirisik.
"Kami berharap semua unsur bisa saling komunikasi dan bahu- membahu mencegah terjadinya bencana," ucapnya.*** (nsa)


Bencana, jatinunggal

Berita Terkait