Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

SURIAN - Pembangunan jalan Lingkar Timur Bendungan Sadawarna di Kecamatan Surian nyaris rampung. Pantauan di lapangan, jalan beton sudah dibangun baik dari Desa Suriamedal maupun Desa Tanjung. Saat ini tinggal menunggu pemasangan jembatan permanen yang menghubungkan dua desa tersebut. Pondasi jembatan sudah dibuat. "Tinggal jembatannya saja sedang dibuatkan, nanti tinggal dipasang," kata salah seorang pekerja di sana, Kamis (14/12/2023).

Jembatan di atas Sungai Cijurei dibangun diperbatasan antara Desa Suriamedal dengan Desa Tanjung. Jalan lingkar timur dibangun BBWS Citarum sebagai ganti jalan kabupaten penghubung Sumedang-Subang yang tergenang Bendungan Sadwarna. Rencananya jembatan sudah bisa dilalui pada tanggal 25 Desember 2023.
"Insyaallah tanggal 25 Desember 2023 sudah bisa dilalui," katanya.

Warga Desa Surian, Dadan Gunadi, mengaku bersyukur jalan Lingkar Timur Bendungan Sadwarna segera rampung. Jalan tersebut merupakan akses satu-satunya warga yang beraktivitas ke wilayah Subang dan Indramayu. "Saya setiap hari bolak-balik lewat jalan ini ke tempat kerja di Subang. Ini akses saya satu-satunya," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)