Jembatan Cisaar Latang Ambles


Baca juga : Angin Puting Beliung Kagetkan Warga Cimanintin
Waspada Bencana Saat Musim Hujan
4 Petani Diterjang Longsor Saat Berteduh, 2 Diantaranya Meninggal Dunia
Bupati Pimpin Apel Siap Siaga Penanggulangan Bencana
12 Pihak Tangani Karhutla Tampomas


TOMO - Jembatan Cisaar Lanang yang terletak di Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo kembali roboh pada Selasa (31/3/2020) sekitar pukul 16.00.  Akibat kejadian ini mobilitas warga antara Desa Jembarwangi dan Darmawangi Kecamatan Tomo ke Desa Cintajaya, Lebaksiuh dan Desa Kadu Kecamatan Jatigede terputus.

Kasie Kedaruratan Logistik BPBD Sumedang Yedi mengatakan, robohnya jembatan Cisaar Lanang diakibatkan curah hujan yang tinggi dan meluapnya air sungai Cisaar yang menekan badan jembatan. "Akibat kejadian ini akses jalan dari Darmawangi dan Jembarwangi Tomo menuju Desa Cintajaya, Kadu dan Lebaksiuh Jatigede terputus," katanya, Kamis (2/4/2020).

Dijelaskannya, untuk solusi sementara akses alternatif bagi mobilisasi masyarakat dari Desa Lebaksiuh, Kadu dan Cintajaya Kecamatan Jatigede ke Kecamatan Jatigede bisa melalui Dusun Cirendang Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo keluar di Dusun Warungbungur Desa Mekarwangi Kecamatan Tomo ataupun sebaliknya.

Salah seorang warga setempat Inta menuturkan kejadian jembatan mengalami roboh terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Jembatan sepanjang 30 meter dan lebar 6 meter mengalami putus kurang lebih sepanjang satu meter.  "Kejadian robohnya jembatan terjadi saat sore menjelang malam hari. Beruntung, saat itu tidak ada warga yang melintas sehingga tidak ada korban jiwa," jelasnya. (end)


Bencana Alam, Longsor, Hujan Deras, Siaga Bencana, BPBD

Berita Terkait