Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

TOMO - Kepala Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo Fitriani merasa bersyukur karena Jembatan Cisaar Lanang yang awalnya hanya bisa dilintasi kendaraan kecil sekarang bisa dilintasi kendaraan besar.  "Sebelumnya, kalau warga membawa hasil bumi, harus menyebur kendaraannya melewati sungai. Terbayang kalau banjir  warga harus menunggu air surut, baru bisa melintas," ujarnya pada acara peresmian jembatan yang menghubungkan Desa Jembarwangi dan Darmawangi di Kecamatan Tomo tersebut oleh Bupati Dony Ahmad Munir, Senin (30/1/2023).

Jembatan Cisaar Lanang merupakan urat nadinya perekonomian masyarakat. "Jembatan ini merupakan jembatan penghubung Desa Jembarwangi dan Desa Darmawangi serta akses satu-satunya yang dipergunakan oleh warga masyarakat," katanya.

Ia menerangkan, jembatan tersebut dibangun pada Tahun 2001 namun kondisinya rusak dan dibangun kembali di Tahun 2006, namun ambruk. " Tahun 2022 sekarang dibangun kembali dengan bangunan yang kokoh berdiri melintangi Sungai Cisaar Landeuh. Awalnya lebar hanya 3 meter, sekarang lebarnya jadi 7 meter," terangnya.

Sekretaris Dinas PUTR Sonny Nurgahara menyebutkan, pembangunan jembatan bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp. 4,99 miliar lebih. "Jembatan dengan panjang 36 meter dan lebar 7 meter dengan dilapisi aspal setelah sebelumnya rusak karena bencana alam," ujarnya.

Bupati Dony berharap agar jembatan yang dibangun kuat, tahan lama dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat. "Jembatan ini harapan masyarakat yang selama ini disampaikan kepada pemerintah daerah. Alhamdulilah Tahun 2022 telah selesai dibangun dan hari ini diresmikan," katanya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat yang telah berpartisipasi atas pembangunan jembatan dan meminta agar turut memeliharanya. "Saya mohon semuanya bisa ikut memeliharanya. Terkhusus kepada pemerintahan Desa Jembarwangi dan Kecamatan dan terima kasih kepada tanahnya digunakan untuk pembangunan Jembatan," ucapnya

Peresmian ditandai dengan gunting pita dan penandatangani prasasti oleh Bupati  Dony Ahmad Munir. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)