Jika Terpaksa Berobat ke Rumah Sakit, Pakai Masker dari Rumah


Baca juga : Kenalan dengan Sijarimas dari RSUD Sumedang
Bupati Ajak Masyarakat Berdonasi via Baznas untuk Tanggulangi Corona


SUMEDANGKAB.GO.ID, RSUD – Direktur RSUD Sumedang Aceng Solahudin menghimbau kepada masyarakat untuk menunda dulu kunjungan berbat ke RSUD jika tidak terlalu membutuhkan pelayanannya. Aceng menyebutkan jika penyakitnya masih bisa dilayani puskesmas , maka sebaiknya gunakan dulu pelayanan puskesmas.

Himbauan ini diberikan untuk mengurangi endemic korona di wilayah Sumdang. Rumah Sakit Sumedang yang biasanya menerima pasien rawat jalan sebanyak 1000 orang perhari maka kini dibatasi. Rumah sakit ini memang tempatnya banyak diisi orang sakit yang secara logika mempunyai imun tubuh rendah. Untuk itu, jika ada virus, maka akan mudah tertularkan.

“Kuota kami biasanya 1000 pasien per hari, sekarang hanya dibawah 500 pasien saja karena memang kami membatasinya," kata Aceng, Rabu (15/4/2020).

Himbauan ini sesuai dengan protap kesehatan pencegahan korona yaitu menghindari kerumunan dan memperjauh jarak sosial dan fisik antar sesama. Pihak rumah sakit tidak menginginkan adanya penyabaran virus atau justru akan menambah buruk kondisi kesehatan pasien atau pengunjung.

"Himbauan ini tujuannya untuk kita semua juga, yaitu masyarakat Sumedang agar terhindar dari virus korona. Jadi, kalau gejalanya masih ringan kami himbau ke puskesmas saja, lebih dekat, lebih aman. Kalau ke rumah sakit hanya untuk yang benar-benar membutuhkan penangan di rumah sakit saja," tuturnya.

Namun, kata Aceng, jika terpaksa ke rumah sakit, baik pasien maupun yang mengantar dihimbau agar menggunakan masker dari rumah. ***(agn)


RSUD, covid19

Berita Terkait