Kabupaten Sumedang Pun Potensial Bencana Hidrologi


Baca juga : Angin Puting Beliung Kagetkan Warga Cimanintin
12 Pihak Tangani Karhutla Tampomas


SUMEDANGKAB.GO.ID, BPBD -   BPBD Sumedang mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrologi. Pasalnya, dalam beberapa waktu ini, Sumedang pun memang potensial terkena bencana hidrologi. Pada musim hujan sekarang, setidaknya sekitar 20 kejadian menimpai beberapa wilayah di Sumedang, mulai dari banjir, banjir lumpur, pohon tumbang, longsor dan sebagainya.

“Sumedang pun potensi bencana hidrologi seperti kebanyakan tren bencana yang terjadi di Sumedang, dan memang betul dalam beberapa waktu ini terjadi bencana hidrologi. Bencana hidrologi itu seperti genangan air, banjir dan longsor," kata Ketua Pelaksana BPBD Ayi Rusmana, Selasa (31/12/2019).

Di penghujung tahun ini, beberapa kejadian bencana yaitu longsor di Dusun Cipari RT  01 RW 03 Desa Linggajaya, Kecamatan  Cisitu yang disebabkan curah hujan tinggi. Upaya yang dilakukan BPBD adalah dengan membersihkan material longsoran. Selain itu juga ada bencana puting beliung di Desa Sukamulya yang menimbulkan kerugian yaitu 2 rumah tertimpa pohon tumbang,  12 rumah diduga sebagian genting terbang dan puluhan pohon tumbang menimpa jalan dan kabel listrik.***(rtn)


bencana, BPBD

Berita Terkait