SUMEDANGKAB.GO.ID, CIBEUREUM - Limbah plastik dijadikan kerajinan yang bermanfaat oleh kader posyandu Gemilang, Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Senin-Jumat.

"Bungkus kopi kan banyak apalagi di warung-warung galian, dari pada dibuang menjadi limbah kita manfaatkan," Ujar Nina Warlina kader RW 1 Desa Cibeureum Kulon.

Setiap hari, anggota kader yang berjumlah 40 orang terbagi menjadi 8 kelompok dan bergiliran melaksanakan piket di rumah baca motekar.
 Ada kelompok yang membuat tikar, dompet, taplak meja, bunga, sarung galon, tas/kantong slendang dan lain sebagainya. semua berbahan baku limbah plastik yang disulap menjadi sebuah kerajinan tangan sesuai dengan keahliannya masing-masing.  "Ibu-ibu kader bebas membuat apa aja sesuai dengan kreasinya masing-masing," ujar Nina.

Kegiatan kader posyandu ini diharapkan tidak hanya membantu mengurangi sampah plastik namun pula membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari hasil kerajinan yang dibuatnya. "Hasil kerajinan tangan dari kader posyandu ini diharapkan  dapat menjadi sebuah karya yang bernilai jual yang dapat membantu meningkatkan perekonomian," katanya. [rtn]

(penerbit: sumedangkab.go.id)