TEGALKALONG -  Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten H Erwin berharap kandang untuk bantuan sapi bagi OTD Jatigede dibuat dalam suatu kawasan untuk setiap kelompoknya. Kawasan bisa di  lahan tanah kas desa baik lahan pangangonan ataupun tanah carik dimanfaatkan oleh kelompok tersebut.    "Untuk itu setiap kelompok penerima mungkin bisa berkoordinasi dengan pemerintahan desa setempat," jelas Erwin, Kamis (27/2/2020).

Dengan memanfaatkan lahan pangangonan ataupun lahan carik untuk kawasan peternakan sapi lanjut Erwin mungkin akan memudahkan peternak dalam menyediakan pakan.  "Bisa saja lahan pangangonan tersebut ditanami rumput untuk cadangan pakan ternak sehingga peternak tidak perlu jauh jauh mencari pakan," katanya.

Dinas Peternakan dan Perikanan nanti akan mengintruksikan kepada masing masing koordinator untuk melakukan pendataan terkait calon penerima calon lokasi (CPCL) berikut kepemilikan lahan yang akan digunakan untuk kawasan peternakan kelompok tersebut. “Idealnya  untuk dua ekor sapi dibutuhkan lahan sekitar satu hektare  bila pakan hanya mengandalkan secara alami., namun bila pakan sudah menggunakan teknologi maka satu hektarea lahan bisa untuk 10 ekor sapi,” katanya

Untuk bantuan sapi ini, rencananya 1 KK penerima akan mendapatkan dua ekor sapi. "Adanya bantuan sapi ini diharapkan bisa turut meningkatkan pendapatan warga OTD dan menjadi salah satu solusi terkait dampak ekonomi warga OTD," tandasnya.  (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)