CIMALAKA - Karang Taruna Medal Motekar, Dea Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka gencar membuat biopori sebagai antisipasi terjadinya genangan air akibat luapan air hujan. Anggota karang karuna sedang sibuk melubangi media biopori dengan alat bor kayu, Selasa (26/11/2019).

Menurut Ari Obing Ketua Karang Taruna Medal Motekar, lubang resapan biopori adalah teknologi sederhana yang tepat guna dan ramah lingkungan.  Lubang biopori mampu meningkatkan daya resap air hujan ke dalam tanah sehingga mampu mengurangi genangan air. “Teknologi biopori ini juga mampu meningkatkan jumlah cadangan air bersih di dalam tanah,” katanya.

Disebutkan, sudah dibuat enam biopori  di Alun-alun desa. Tak menutup kemungkinan juga titik lubang biopori akan terus diperbanyak khususnya dititik titik rawan genangan air akibat hujan di wilayah Desa Cibeureum Kulon.

Karang Taruna Medal Motekar Desa Cibeureum Kulon saat ini sedang gencar gencarnya menyuarakan gerakan bersih lingkungan melalui Jumat Bersih. Hal ini dilakukan untuk mendukung program Bupati Sumedang.

Karang Taruna Medal Motekar saat ini membuat tempat sampah dari bahan drum bekas yang diwarnai sehingga terlihat menarik dan layak pakai digunakan untuk trmpat sampah. [mth/fb cibeureum kulon]

 

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)