Reporter : Ratna  I Editor : Deddi Rustandi

TOGA - Di ujung kejuaraan dunia paralayang, para pilotnya menghibut masyarakat dan para penonton melaluik festifly atau karnaval udara, Minggu pagi (27/10/2019). Pilot-pilot paralayang dari mancanegera di Indonesia memakai kontum unik untuk terbang dan berputar-putar di langit Bukit Toga.

Karnaval di darat sudah biasa namun ini karnavalnya di lakukan di udara dan disaksikan ribuan pasangan mata penonton yang menatap ke atas langit. "Karnaval paralayang baru pertama kali dilakukan di Sumedang dan di Indonesia sudahada  dua kali. Di Perancis sudah menjadi hiburan bagi warganya,"kata Bupati Dony Ahmad Munir yang menonto aksi fun fly.

Bupati Dony merasa luar biasa atas antusias masyarakat yang hadir menyaksikan. "Antusias masyarakat luar biasa, ini merupakan wujud kekompakan masyarakat Sumedang dan membuktikan bahwa ini merupakan event bersama yang perlu didukung," ujar Dony. 

Menurutnya, kehadiran masyarakat di tengah tengah event membawa kebahagian tersendiri. "Ada kebahagian tersendiri melihat masyarakat Sumedang yang antusias,  ini membuktikan bahwa Sumedang siap menjadi kota pariwisata dengan event event yang luar biasa," katanya. 

Dewi Sulastri (35) salah seorang penonton yang senja datang bersama keluarganya meras takjub melihat karnaval di udara. "Takjub melihat pilot paralayang terbang dengan kostum yang unik. Keren sekali," katanya. []

(penerbit: sumedangkab.go.id)