Kaum Ibu di Mekarasih, Jatigede Gotong Royong Produksi Masker


Baca juga : Cek Masker ke Apotek
Masyarakat Juga Harus Waspada DBD
Warga yang Keluar Rumah Harus Memakai Masker


JATIGEDE -  Mengisi kekosongan waktu di saat pandemi Covid-19, kaum ibu di Kampung Cibunut, Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede memproduksi masker. Kegiatan ini diinisiasi oleh pengurus PKK Kampung Cibunut. "Di kampung kami ada beberapa orang yang memiliki mesin jahit. Biasanya memang menerima orderan jahit baju. Tapi saat musim seperti sekarang, orderan jahit baju tidak ada. Akhirnya setelah berdiskusi dengan yang lainnnya. Kami mencoba membuat masker," ujar pengurus PKK Kampung Cibunut, Widaningsih, Selasa (14/4/2020).

Menurut Widaningsih, masker yang dibuat berasal dari bahan kain oxpord. Ia dan ibu-ibu lainnya patungan membeli bahan baku.  Produksi masker sudah berjalan sekitar 4 hari. Dalam satu hari ibu-ibu bisa memproduksi masker sekitar 200 biji lebih. "Yang kerja tiap harinya sekitar 6 orang. Kadang nambah orang juga yang siap bekerja," kata Wida.

Masker buatan ibu-ibu Cibunut ini dijual ke pemerintah desa kemudian ke perorangan yang membutuhkan.  Satu buah masker dijual seharga Rp 4.000.  Hasil penjualan masker sebagian disisihkan untuk membantu warga lainnya dan untuk membeli bahan baku kembali.  "Lumayan ada penghasilan buat yang bekerja tapi bisa membantu warga lain juga. Ini juga merupakan gerakan PKK dalam membantu memerangi virus yang sedang mewabah," katanya.

Wida menambahkan, mereka juga siap melayani pesanan masker dalam jumlah banyak. (nsa)


Masker, Covid 19, Korona

Berita Terkait