JATIGEDE - Kepala Desa Kadu, Kecamatan Jatigede Otong Rasmadi mengatakan, para petani mangga gedong gincu di Desa Kadu, Lebaksiuh dan Cintajaya (Kaleci) Kecamatan Jatigede, kini hanya bisa menjual hasil panen ke pengepul di wilayah Kabupaten Majalengka.

Menurutnya hal tersebut menjadi alasan sering diklaimnya mangga gedong gincu produk asli Majalengka. "Padahal, pasokan terbesar mangga gedong gincu berasal dari wilayah Kaleci yang notabene masuk wilayah Kabupaten Sumedang. Karena, didukung oleh perkebunan yang sangat luas," ujar Otong, Selasa (23/6/2020).

Otong menuturkan, saat ini para petani di dua desa, yaitu Desa Kadu dan Lebaksiuh sering memasarkan gedong gincu ke wilayah Majalengka melalui jembatan gantung Cilutung. Jembatan tersebut cukup vital bagi para petani mangga meski para petani harus lebih besar mengeluarkan ongkos operasional dalam memasarkan produk mangganya.

"Tidak jarang saat musim panen, jembatan gantung itu digunakan hampir 24 jam untuk mobilisasi pengangkutan mangga. Para petani menggunakan roda untuk mengangkut mangga yang akan dipasarkan," katanya.

Kata dia, apabila jembatan sudah dibangun pihaknya juga berencana membuat usaha yang khusus menangani produk mangga gedong gincu dari wilayah Kaleci. Misalnya, dengan menjadi pengepul.  "Kami akan mengumpulkan dan membeli mangga dari wilayah Kaleci dengan harga yang sama dengan para pengepul dari Kabupaten Majalengka. Sehingga, akan mampu meningkatkan perekonomian warga," ujarnya.

Menurutnya, untuk mendukung hal tersebut, SDM yang ada di Desa Kadu cukup mendukung. Warga  dinilai sudah mampu menyortir mana produk layak untuk ekspor dan yang tidak. "Kami yakin potensi mangga yang ada di wilayah Kaleci akan sangat berkembang dengan pesat dan mampu mengangkat kesejahteraan warga," katanya.

Apalagi apabila SDM yang ada dipadu padankan dengan teknologi pertanian, misalnya produk yang tidak layak ekspor diolah menjadi makanan dodol atau lainnya. Atau, diolah menjadi yang lebih bermanfaat sehingga tidak terbuang. "Kami yakin potensi mangga yang ada di wilayah Kaleci akan sangat berkembang dengan pesat dan mampu mengangkat kesejahteraan warga," katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)