JATINUNGGAL - Kurang lebih 200 KK di RW 08 Desa Banjarsari, Kecamatan Jatinunggal mengaku mengalami kenaikan rasa bahagia setelah wilayahnya dibentuk menjadi kampung KB (Keluarga Berencana) Raharja sejak tahun 2017.

Tokoh masyarakat setempat Iim (50) menyebutkan, kenaikan rasa bahagia warga, karena setelah wilayahnya dicanangkan menjadi kampung KB, sejumlah fasilitas bersifat insfratruktur fisik bisa terbangun. Selain infrastruktur fisik, warga juga dibekali pengetahuan pencerah serta motivasi dari pemerintah daerah melalui dinas terkait agar bisa bangkit dari ketertinggalan.  "Dulu wilayah kami merupakan daerah tertinggal. Warga disini kebanyakan buruh tani, buruh serabutan yang penghasilannya kecil. Setelah dijadikan kampung KB pada tahun 2017 kami mulai bangkit untuk bisa lebih berdaya," tutur Iim, Selasa (1/9/2020).

Iim menambahkan, derap pembangunan dirasakan setelah banyaknya pihak terkait memberikan edukasi, motivasi dan pengembangan pemberdayaan masyarakat. Warga RW.08 yang terdiri dari Kampung Cadasri hingga Kampung Ciwalur beranjak mandiri dengan memberdayakan sejumlah potensi. Diantaranya mengembangkan tanaman produktif, memanfaatkan lahan menjadi sumber usaha dan menguatkan pengetahuan warga terutama para remaja setempat. "Karena kami rutin diberikan masukan oleh berbagai intansi lembaga. Alhamdulillah kami bisa menerapkan ilmu seperti bidang pertanian dan perkebunan. Hingga saat ini saja di wilayah kami ada tanaman strawberry dan tanaman ptoduktif seperti bawang, tomat dan sayuran lainnya yang setiap saat bisa dijual," ujar Iim.

Dampak positif dari menjadi kampung KB adalah semakin tumbuhnya kekompakan masyarakat dalam membangun wilayahnya. Itu terbukti setelah terbangunnya fasilitas seperti balai sawala, rumah data, taman bermain remaja dan anak serta bangunan insfratruktur lainnya yang kini menjadi kebanggaan warga.

Semua bangunan itu, kata Iim tak lain andil swadaya masyarakat setempat baik membantu secara materi maupun tenaga. "Terbangunnya berbagai fasilitas membuat kami bahagia. Karena selain ekonomi membaik kami juga ternyata mampu membangun fasilitas untuk berbagai kebutuhan," katanya.

Yuyun warga Cadasri mengiyakan, meski kehidupan di Kampung KB Raharja masih sederhana tapi rasa bahagia kini meningkat. (nsa)

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)