UJUNGJAYA - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang akan akan menambah luasan perkebunan mangga. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, Amim menyebutkan, sekitar 200 hektar lahan menuju Waduk Jatigede akan ditanami pohon mangga gedong gincu. "Tahun 2020 akan kita kembangkan luasan lahan gedong gincu. Proyeksinya direncanakan di pinggir jalan, kanan kiri menuju Waduk Jatigede," ujarnya.

Dikatakan, lahan yang akan ditanami disepanjang jalan raya dari mulai wilayah Tomo, Tolengas, hingga Bendungan Jatigede.

Langkah tersebut, kata dia, untuk meningkatkan produksi mangga gedong gincu, yang merupakan mangga asli Sumedang.  "Ini untuk menambah hasil panen mangga, selain kita intensifkan lahan yang sudah ada, kita juga lakukan perluasan," katanya.

Menurutnya, luas perkebunan mangga gedong gincu harus ditambah, untuk memenuhi kebutuhan pasar impor dan lokal.  "Setelah ekspor perdana kita harus bisa memenuhi permintaan pasar internasional. Sebab akan menguntungkan baik bagi petani mangga maupun untuk menambah devisa negara,"katanya.

Selain untuk meningkatkan hasil pertanian mangga gedong gincu, ini juga sebagai dalam upaya mendukung wisata Jatigede.  "Ini juga mencirikan 3 daerahTomo, Ujungjaya, Jatigede sebagai sentra gedong gincu," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)