Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

BPBD - Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno, menyampaikan bahwa meski saat ini sudah memasuki musim kemarau, namun pihaknya belum menerima laporan ada wilayah Sumedang yang krisis air bersih.

"Sampai saat ini masih aman, kami belum menerima laporan ada yang krisis air bersih," kata Atang, Jumat 12 Juli 2024.

Menurut Atang, meski sudah masuk kemarau namun diprediksi hujan masih akan turun di bulan Juli ini. Hal tersebut membuat air bersih masih tersedia.

"Ini salah satu dampak La Nina, dimana musim kemarau tapi kemarau basah, jadi BMKG memprediksi hujan masih akan turun, oleh karena itu air bersih juga masih aman," ucap Atang.

Meski belum menerima laporan krisis air bersih, namun Atang memastikan pihaknya tetap bersiaga manakala ada permintaan bantuan air bersih. BPBD kata Atang, salah satunya sudah menyiapkan mobil tangki yang siap digunakan untuk mengirim air bersih.

"Alhamdulilah tahun ini kami sudah punya mobil tangki, ini kalau diisi juga airnya bersih, jadi ketika ada permintaan air bersih kami tinggal langsung menyalurkannya. Selain itu seperti biasa setiap menghadapi kemarau kami juga berkoodinasi dengan PDAM Tirta Medal untuk menjaga ketersediaan air bersih bagi warga masyarakat Sumedang," ujar Atang.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)