CIMANGGUNG Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menjamin bahwa kebutuhan logistik bagi para penyintas bencana tanah longsor di Cimanggung selama dua bulan ke depan dipastikan aman dan tersalurkan. "Kebutuhan logistik untuk penyintas bencana Cimanggung selama dua bulan ke depan aman," kata Sekretaris Daerah  Herman Suryatman, Senin (1/2/2021).

Menurutnya, semua donasi baik uang maupun barang yang keluar masuk dikelola dengan baik dan teradministrasi melalui aplikasi SITABAH. 

Khusus terkait adanya laporan mengenai dua kendaraan yang diduga penyimpangan logistik, ia menjelaskan, hal tersebut hanyalah masalah miskomunikasi karena tidak adanya laporan sebelumnya.  "Hanya miskomunikasi. Setelah dikonfirmasi, kendaraan bermuatan logistik dimaksud untuk pengamanan, pasalnya tenda di SBG sudah mulai dibongkar sehingga logistik dipindahkan ke gudang BPBD dikarenakan masa tanggap darurat selesai," kata Herman.

Saat ini Pemerintah Daerah Sumedang akan melakukan konsolidasi dengan TNI-Polri untuk memastikan kapasitas gudang termasuk keamanannya. [hms]

(penerbit: sumedangkab.go.id)