SITURAJA - Guna memudahkan pelayanan warga yang membutuhkan surat keterangan kematian keluarganya, Pemerintah Kecamatan Situraja membuat inovasi Program  Elektronik Buku Register Kematian (e-Bureti).

Progam e-Bureti selain akan memudahkan pemerintah desa menginformasikan data kematian ke tingkat kecamatan juga akan memudahkan pemutakhirkan data orang yang meninggal di Kecamatan Situraja. "Pemerintah kecamatan memberikan format isian dalam bentuk google drive ke pemerintah desa. Kalau ada orang yang meninggal, orang desa tinggal isi data saja. Sementara, memang login ke google drivenya baru di  internal saja hanya pihak desa dan petugas di kecamatan yang tahu," ujar Camat Situraja, Sutisna, Selasa (4/2/2020).

Menurutnya,  bentuk inovasi ini juga akan memudahkan pemerintah kecamatan mengetahui data angka kematian secara update.  Kemudian data yang terkumpul dijadikan data yang diajukan ke Dinas Kependudukan Catatan Sipil untuk dibuatkan akte kematian. "Rencana pengembangannya nanti bisa menggunakan aplikasi khusus yang juga bukan buat data kematian saja tapi buat data yang lainnya," kata camat. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)