Kecamatan Ujung Tombak Menurunkan Angka Kemiskinan


Baca juga : Bupati Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Sekretaris Daerah (Sekda) Herman Suryatman menyebutkan  penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sumedang harus betul-betul menjadi prioritas pemerintah daerah. Disampaikan pula olehnya beberapa program pemerintah yg mendukung dalam penanggulangan kemiskinan.

"Pemerintah telah memiliki beberapa program pada setiap SKPD untuk menanggulangi kemiskinan, seperti pada Dinas Sosial P3A kita mempunyai program PKH, Rehab Rutilahu, UEP, KUBE, BPNT dan yang lainnya. Sedangkan pada dinas Pendidikan kita mempunyai program seperti PIP, beasiswa miskin, Kejar Paket B, C dan beberapa program lainnya yang ada pada setiap SKPD untuk mendukung dalam penanggulangan kemiskinan," katanya. 

Menurutnya, kecamatan merupakan ujung tombak dalam menanggulangi kemiskinan. "Setengah persen pengurangan kemiskinan ada pada camat dan kepala desa," katanya.

Disebutkan, ada beberapa strategi yang dilaksanakan di tingkat kecamatan untuk pengurangan angka kemiskinan. "Antara lain memperkuat komitmen penurunan jumlah rumah tangga miskin dengan para camat, mengintegrasikan kelompok sasaran program dengan data kemiskinan di kecamatan, membangun 'Rumah Besar Fakir Miskin', dan melakukan percepatan pembangunan," katanya.

Rapat koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah yang juga Wakil Bupati Erwan Setiawan memimpin Rapat Koordinasi Progres Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Simedang di Ruang Rapat Tadjimalela Bappppeda. [mth]


sumedang

Berita Terkait