Kecamatan Wado Akan Berdayakan Lahan Hutan


Baca juga : Kecamatan Wado Akan Berdayakan Lahan Hutan


SUMEDANGKAB GO.ID, WADO- Pemerintah Desa Sukajadi, Kecamatan Wado berminat untuk bertani di lahan hutan di wilayah Wado. Untuk itu, pemerintah desa akan menjajaki kerjasama dengan Perhutani. Lahan hutan milik Perhutani di wilayah Sukajadi sangat luas. Sejumlah areal lahan diyakini akan menghasilkan pendapatan bagi masyarakat jika bisa dikelola oleh warga.

Kades Sukajadi Dede Suhendar,menyebutkan, banyak potensi yang bisa digaraf di lahan hutan milik Perhutani. Namun karena terbentur status kepemilikan lahan. Sehingga Pemerintah Desa tidak bisa menggaraf dengan leluasa.

"Kamu sudah punya konsep pertaniannya, tapi kan ada mekanisme untuk mengelola atau menggarap lahan milik Perhutani. Makanya kami akan coba kerjasama dengan pihak Perhutani untuk mengizinkan penggunaan lahan dan bersama-sama memberdayakan," ujar Dede, Kamis (31/10).

Menurut Dede, potensi yang bisa dimanfaatkan dari lahan tersebut adalah ruang hijau yang dijadikan wisata alam. Kemudian untuk menanam tanaman produktif lainnya yang bisa dikelola warga petani sekitar hutan.***(nsa)


wado, perhutani, hutan

Berita Terkait