Penuis: Endan D Kusnaedi | Editor: Vera Suciati

WADO - Kecamatan Wado berhasil menjadi kecamatan yang paling banyak menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM yang ada diwilayahnya. Berdasarkan penilaian dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sumedang Kecamatan Wado tercatat berhasil menerbitkan 2.498 NIB dari target 1000 NIB atau mencapai 249,8%. Keberhasilan Wado dalam menerbitkan NIB terbanyak juga terasa lengkap ketika salah seorang operator desanya atasnama Siti Nurlaeni Wulandari dari Desa Wado juga terpilih sebagai juara 3 operator yang telah berperan aktif dalam menerbitkan NIB yaitu dari target 100, realisasinya 471 NIB atau capaiannya 471%.

Atas keberhasilan ini Kecamatan Wado dinobatkan sebagai juara pertama dan berhak mendapatkan penghargaan yang secara langsung diserahkan Bupati H Dony Ahmad Munir dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2022 di lapang KPP Sumedang.
Menanggapi keberhasilan ini camat Wado Sutisna mengaku bangga bahwa kecamatan Wado bisa mencatatkan diri sebagai Kecamatan dengan penerbitan NIB terbanyak se kabupaten Sumedang.
"Apa yang didapatkan oleh Kecamatan Wado ini merupakan buah dari kerjakeras dan kerjasama semua aparat yang ada di Wado," jelas Sutisna Sabtu (21/5/2022).
Selain itu lanjut dia, keberhasilan ini juga hasil kerja keras para kepala desa dan jajarannya yang terus melakukan sosialisai kepada masyarakat khususnya para pelaku UMKM tentang pentingnya pembuatan NIB untuk kemajuan UMKM.
"Tentunya ini menjadi keberhasilan semua pihak dan patut kita syukuri serta berharap keberhasilan ini dapat lebih memotivasi untuk terus berpretasi di dalam segala hal," tambah Sutisna. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)