Kelompok Tani Wanita Cibeureum Kulon Membuat Es Krim Berbahan Mangga


Baca juga : Kelompok Tani Wanita Cibeureum Kulon Membuat Es Krim Berbahan Mangga


CIBEUREUM – Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka mengolah mangga yang ditanam di pelataran rumah menjadi es krim. Masyarakat dapat memanfaatkan buah-buahan di halaman rumahnya hasil manfaat dari  rumah pangan lestari (RPL) dan dijadikan varian es krim sehat untuk keluarga yang di campur dengan susu.

 "Banyak mangga yang di tanam dihalaman rumah, ibu rumah tangga dapat manfaatkan buah buahan alaman rumah sebagai cemilan kekinian yang sehat," kata Dedeh dari KWT Cibeureum Kulon.

Menurutnya, KWT mengolah buah-buahan menjadi es gelato, es krim asal italia yang rendah lemak. KWT Cibeureum kulon praktekan pembuatan gelato berbahan dasar mangga manis. "Cara mengolahnya, mangga cukup diblender hingga lembut dicampur dengan susu kental manis dan masukan ke dalam flezer selama tiga jam. Es gelato dapat lebih halus jika hasil pembekuan pertama di blender kembali dan dibekukan kembali. Es akan nikmat jika teksturnya semakin lembut, es sehat ini bisa menjadi cara lain menikmati buah-buahan," ujarnya.

Es gelato per cup kecil dijual dengan harga Rp 1.500. "Ibu rumah tangga harus pintar, jadikan olahan rumah menghasilkan. Itu manfaat lain dari program rumah pangan lestari," katanya. (rsi)


Kelompok Tani Wanita, Mengolah Buah-buahan

Berita Terkait