SUMEDANG - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI) menggelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG), Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Desa Berprestasi dan TTG Unggulan Tingkat Nasional Tahun 2021 secara virtual.

Pada kesempatan ini Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang mewakili Provinsi Jawa Barat masuk dalam seleksi Final Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG), Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Desa Berprestasi dan TTG Unggulan Tingkat Nasional Tahun 2021. Rabu, (08/09/2021)

Bupati Sumedang (Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST, MM) mengapresiasi kegiatan ini karena bisa menjadi wahana tiap desa untuk melahirkan inovasi-inovasi terutama dalam teknologi tepat guna yang akan mengatasi persoalan-persoalan yang ada di desa untuk mencapai tujuan desa yang nantinya akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat."Pemkab Sumedang sangat mendukung dengan adanya Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) ini," ujarnya. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat (Ir. Bambang Tirtoyuliono, M.M) menambahkan, "Saya optimis dengan diikutsertakannya Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari untuk lomba ini karena mempunyai nilai jual dan kompetitif. Posyantek yang ada di Desa Gudang ini bukan hanya sebagai ruang komunikasi para inovator tetapi juga sudah di implementasikan seperti unit Tenaga Surya, Biodigester Pengolahan Sampah dan Unit Pakan Ikan. ketiga unit tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga inovasi yang ada di Jawa Barat khususnya di Desa Gudang mampu berkompetisi dan menjadi andalan Jawa Barat demi meraih prestasi di tingkat nasional. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)