Penulis : Puji Marliyana

PPS - Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli menerima kunjungan silaturahmi dari jajaran BPJS Kesehatan Kabupaten Sumedang di Ruang Kerja Bupati, Senin (3/6/2024). Dalam silaturahmi tersebut, dibahas soal kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Sumedang yang mencapai 95, 17 persen. "Setelah sekian lama berproses, pada Bulan Mei Tahun 2024 akhirnya Kabupaten Sumedang bisa mencapai kepeserta JKN sebesar 95,17 persen dengan tingkat keaktifan peserta 72 persen," kata Yudia Ramli usai silaturahmi.

Dikatakan Yudia, capaian tersebut menunjukkan Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Kesehatan Semesta di Kabupaten Sumedang sudah cukup tinggi, tinggal diikuti dengan keaktifan para pesertanya. "Maka upaya yang harus dilakukan saat ini yaitu meningkatkan keaktifan peserta BPJS," imbuhnya.

Ia menambahkan, target yang ingin dicapai pada akhir Tahun 2024 ialah 98 persen dan tingkat keaktifan lebih dari 75 persen. Hal itu harus diiringi pula dengan peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan bagi peserta JKN. "Perlu meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara peningkatan kompetensi pegawai, khususnya tenaga kesehatan, pemenuhan sarana dan prasarana serta menambah fasilitas dan jenis layanan di Puskesmas dan rumah sakit," tuturnya.

Yudia, menambahkan BPJS Kesehatan perlu berupaya maksimal meningkatkan cakupan kepesertaan, terutama dari kepesertaan mandiri. "Pemerintah Daerah sudah berusaha meningkatkan kepesertaan dari peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dengan menambah anggaran pada APBD Tahun 2024," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)