Ketua TP PKK Cimalaka Ingatkan Pentingnya Manfaatkan Pekarangan Rumah


Baca juga : Bidan Desa Latih Kader Posyandu Desa Cibeureum Kulon
Hatinya PKK Sumedang, Bikin Sehat!


SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMALAKA -- Ketua TP-PKK Kecamatan Cimalaka Iis Aan Dahlan menghadiri pertemuan rutin Kelompok Wanita Tani (KWT) Cibeureum Kulon, pada Senin (30/12/2019) di Kantor Desa Cibeureum Kulon.

Pada kesempatannya tersebut Iis Aan Dahlan berkesempatan meninjau Rumah Pangan Lestari (RPL) KWT Gemilang Desa Cibeureum Kulon. Ada beberapa jenis tanaman yang ditanam di RPL KWT Gemilang seperti aneka Ubi, Sayuran, Buah dan Budidaya Ikan. Bahkan Keduanya pagi tadi ikut memanen salah satu sayuran yang ditanam yaitu sosin.

Ny. Iis berharap keberadaan KRPL ini dapat ditiru dan diikuti oleh seluruh masyarakat dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya masing-masing. Karena menurutnya, optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep KRPL selama ini telah terbukti banyak memberikan manfaat bagi masyarakat baik bagi anggota kelompok wanita maupun lingkungan kawasan di sekitarnya.

"Pemanfaatan pekarang rumah sangat bermanfaat mulai sebagai hiasan pekarang bahkan menjadi sesuatu hal yang bernilai jika jumlah yang ditanam lebih dari untuk dikonsumsi secara pribadi," kata Iis.

Tidak hanya untuk hiasan dan dikonsumsi keluarga pemanfaatan pekarang rumah juga dapat  menjadi suatu penghematan pengeluaran keluarga dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi sehari-hari dan terjadinya diversifikasi konsumsi pangan pada rumah tangga anggota dan Bagi lingkungan kawasan, kegiatan ini dapat membuat suasana asri dan lingkungan lebih nyaman.

"Hemat dan terpenuhinya nilai gizi dari setiap pangan yang ditanam dengan memanfaatkan pekarangna," ujarnya.***(rtn)


cibeureum kulon, PKK

Berita Terkait