SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA - Komunitas Darmaraja Purwadaksi Gotong Royong Bersihkan Gunung Golempang, Senin (24/2/2020). Kegiatan yang rutin ini pertama kali digelar pada 2016.

"Awalnya dulu kami mendengar ada situs di Gunung Golempang. Kami tertantang untuk menemukannya. Salah satu jalan dengan melakukan bersih-bersih areal gunung," ujar Ketua Komunitas Datmaraja Purwadaksi Andri Mulyadi, Senin (24/2/2020).

Namun orientasi menemukan situs bukan target utama. Kata Andri, tujuan melalukan kegiatan rutin bersih-bersih gunung agar areal gunung bisa terpelihara. Banyak manfaat dari kegiatan itu, antara lain akan tertanam kepedulian terhadap alam dan bisa mengetahui wilayah yang gundul.

"Peduli lingkungan harus kita tanamkan secara terus menerus. Mencintai alam akan berdampak pada kelestariannya," ucapnya.

Selain membershkan areal atau kawasan gunung. Komunitas juga melakukan kegiatan rutin menanam pohon di sepanjang sungai yang juga sumber mata air Cikukulu.

Setiap bulannya, kata Andri,komunitas menanam 40 pohon. "Disini juga kan ada sumber mata air yang harus kita jaga bersama. Setiap bilan kami juga menanam pohon sepanjang sungai," katanya.

Kegiatan peduli lingkungan tersebut dilakukan secara sukarelawan. Bahkan untuk dana kegiatan dilakukan secara rereongan. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)