Komunitas Kopi Sumedang Diajak ke Jerman


Baca juga : Bupati Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan didampingi komunitas Kopi Sumedang menerima jajaran Dewan Kopi Indonesia di Ruang Kerja Wakil Bupati. Pertemuan untuk membahas keikutsertaan komunitas kopi Sumedang dalam Coffee Workshop yang akan berlangsung di Jerman pada tanggal 26-29 November 2019.. 

Ketua Pelaksana dari Dewan Kopi Indonesia Anugrah W Diandra Rauch mengatakan, workshop tersebut sebagai salah satu penunjang kelengkapan dokumen persyaratan ekspor  komoditas dunia termasuk kopi. "Dari kegiatan ini diharapkan penetrasi pasar ekspor dapat dicapai lebih maksimal lagi," katanya. 

Melalui workshop tersebut diharapkan dapat membawa dampak yang cukup sigfinikan bagi kelangsungan petani tanaman kopi dan pelestarian kopi di Indonesia. "Kegiatan ini dimaksudkan agar petani dan pengusaha kopi di Indonesia mendapatkan informasi terkini tentang perdagangan kopi di Jerman dan Uni Eropa," ujarnya.

Selain menghadirkan para pelaku bisnis importir kopi kelas dunia. "Panitia juga akan mengajak peserta workshop mengunjungi pabrik mesin roaster kopi terkenal Probat yang menjadi primadona serta standar roasted kopi di pasaran dunia," katanya.

Wakil Bupati H. Erwan Setiawan menyambut baik ajakan dari Dewan Kopi Indonesia tersebut. "Komunitas Kopi Sumedang tentunya mendapat suatu kehormatan karena akan diikutsertakan dalam event ini," ujarnya.

Menurut Wabup, Pemkab Sumedang berkomitmen untuk membangkitkan kembali kejayaan Kopi Sumedang salah satunya dengan menetapkan hari Kopi Sumedang dang menggelar Festival Kopi tahunan.  Luas lahan tanaman kopi yang ada di Kabupaten Sumedang sekitar 3.200 hektar yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Sumedang. [mth]


sumedang

Berita Terkait