SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO - Komunitas pemuda di Desa Cimungkal, Kecamatan Wado merencanakan membuka tempat wisata berbasis hutan. Sebelumnya, gagasan tersebut telah didiskusikan dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).
"Ada sejumlah tempat yang berpotensi menjadi tempat wisata dengan konsep alam hutan. Seperti di kaki gunung Cakrabuana," ujar pengurus komunitas pemuda Cimungkal, Diki, Kamis (10/12/2020).
Diki mengatakan, kawasan yang berpotensi untuk dijadikan tempat wisata berupa hamparan perbukitan yang didalamnya terdapat berbagai tanaman produktif. Mulai dari kopi, kapolaga dan berbagai tanaman lainnya.
"Ada hamparan untuk areal camping, zona pandang, kebun teh yang bisa menjadi daya tarik pengunjung," katanya.
Diki menambahkan, nantinya jika konsep wisata sudah berjalan. Pengunjung tak hanya datang menikmati alam. Tapi juga bisa melakukan edukasi seputar tanaman kopi, kapolaga dan lainnya.
Saat ini, kata Diki telah dilakukan penjajagan oleh para pemuda dengan mengadakan kemping bareng di kawasan yang akan di tata menjadi tempat wisata tersebut. Pihaknya kini masih mengonsep jalan masuk ke kawasan dan melalukan koordinasi dengan pihak Perhutani karena ada sebagian lahan milik Perhutani.
"Mudah-mudahan kami bisa merealisasikan gagasan ini. Kami melihat potensi ini besar, karena di dekat kawasan ada warung salam, dimana warung tersebut menyajikan makanan tradisional yang sudah terkenal kemana-mana," ujarnya.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)