SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Ketua KONI Sumedang Ali Badjri mengatakan pada Porda tahun 2022 nanti, pihaknya akan lebih selektif dalam.menentukan atlit yang akan menjadi duta Sumedan. Untuk itu, ratusan atlit Kabupaten Sumedang dari 36 cabang olah raga kini dituntut untuk memsiapkan babak kualifikasi Porda 2022. Ketua Koni Kabupaten Sumedang H Ali Badjri mengatakan babak kualifikasi harus dilewati para atlit sebelum mereka tampil di ajang Porda.

"Sekitar 600 atlit dari 36 cabor akan tampil dalam ajang babak kualifikasi tersebut dan KONI akan lebih selektif lagi," jelas Ali Badjri, Sabtu (15/8/2020).

Ali menegaskan bahwa, tahun 2022 nanti itu KONI menuju porda prestasi, bukanlah porda rekreasi, yang artinya setiap cabor yang atlitnya diberangkatkan harus punya target mendapatkan medali.

Sementara, babak kualifikasi ini akan mulai dilaksanakan Desember 2020 hingga Mei 2021, dan bentuknya berbeda beda, seperti rugby dalam bentuk Kejurda. Sedangkan untuk Porwosi karena merupakan badan fungsional tidak menggelar babak kualifikasi.

Lebih lanjut dikatakan Ali Badjri dari hasil babak kualifikasi ini nantinya akan dirangking dan yang lolos akan diikutsertakan pada ajang Porda 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang.***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)