CIBUGEL - Pemerintah Kecamatan Cibugel serius mendukung petani untuk mengembangkan komoditas kopi unggulan Sumedang. Komoditas kopi di Cibugelnya sebenarnya sudah ditekuni lama olah para petani di Cibugel. Namun karena dulu belum booming, komoditas kopi Cibugel belum terlihat berkembang.

"Kami sudah mendatangi langsung ke para petani kopi untuk terus mengembangkan kopi di wilayah Cibugel. Saat ini kebangkitan komoditas kopi sudah bisa dirasakan," ujar Camat Cibugel, Cicin Sondali, Rabu (27/11/2019).

Adanya tren peningkatan masyarakat mengkonsumsi minum kopi asli, kata dia, telah terlihat saat event festival kopi di Sumedang. Para pelaku bisnis kopi, petani kopi dan penikmat kopi begitu menggeliat di Sumedang. Perkembangan komoditas kopi dirasakan pula oleh para petani di Cibugel.  "Saat festival kopi kemarin juga kami ikut serta dengan membawa produk kopi gold Cibugel. Alhamdulillah kata petani aroma dan rasa kopinya mulai diterima oleh penikmat kopi," katanya.

Bentuk dan dukungan dari pemerintah kecamatan terhadap pengembangan komoditas kopi di Cibugel, pihaknya akan mendorong kebutuhan petani kopi dan akan menjajaki perluasan tanam kopi di Cibugel. "Komoditas kopi akan jadi unggulan selain komoditas jagung dan singkong di Cibugel," ucapnya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)