CIBEUREUM - Karang Taruna Cibeureum Kulon Medal Motekar membuat kreasi lampu hias berbahan dasar pipa pvc. Lampion  ini merupakan kreasi lampu hias yang menggunakan pipa pvc sebagai bahan dasar hiasan yang diukir kaligrafi.

Pencetus lampon Cecep Sumadjaya  yang merupakan anggota Lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) menyampaikan bahwa kreasi pipa pvc ini merupakan hasil ide kreasi awal dari limbah pipa. "Hasil karya anggota LPM dari limbah pipa lalu diukir kaligrafi, bunga bahkan bentuk binatang," ujar Cecep Sumadjaya, Jumat (6/3/2020).

Menurutnya, ia mengajak pemuda karang taruna desa dan mengharapkan setiap kegiatan kreasi mampu menjadi peluang usaha bagi para anggota karang taruna.  "Setidaknya setiap kreasi yang dimiliki masyarakat harus merangkul para pemuda agar setidaknya memiliki kegiatan positif dan menghasilkan," katanya.

Lampion dihargai Rp 150 ribu per buah dengan desain sesuai pesanan dan berbahan dasar paralon yang sudah dihias semenarik mungkin. Dengan alat dan bahan sederhana, lampion menghasilkan pajangan rumah yang menarik dan memiliki daya jual yang tinggi. "Dipelajari secara otodidak melihat Youtube cara buatnya, dibuat awalnya dari bahan bekas, " ujar Cecep. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)