Kreatifitas Seni Mampu Ciptakan Destinasi Wisata Baru


Baca juga : Sumedang Harus Punya Core Bisnis
Atraksi Helikopter Memukau di Pembukaan Kejuaraan Dunia Paralayang
Kreatifitas Seni Mampu Ciptakan Destinasi Wisata Baru


SUMEDANGKAB.GO.ID, DISPARBUDPORA - Direktur Pengembangan Destinasi Regional II, Kementerian Pariwisata RI Dr. Wawan Gunawan, S,Sn.MM hadir dalam acara "Ngadu bako 2020" di halaman kantor Disparbudpora Sumedang, Sabtu (22/2/2020). Wawan Gunawan mengatakan bahwa seni budaya Sumedang harus dikemas semenarik mungkin agar wisatawan semakin tertarik.

"Kreatifitas perlu ditumbuhkan dilingkungan masyarakat, pariwisata berbasis masyarakat akan membentuk kesadaran saling menjaga segala fasilitas yang telah dibangun," kata Wawan.

Virus kreatifitas perlu ditularkan kepada siapa pun untuk membangun Sumedang menjadi lebih baik, memiliki potensi yang banyak menjadi modal yang cukup mensejahterakan masyarakatnya.

Tidak hanya itu, Wawan mengharap pemerintah Sumedang dapat mengapresiasi segala bentuk kesenian yang ada disetiap kegiatan sehingga terbentuk kedekatan untuk pembangunan.

Destinasi wisata baru berbasis masyarakat, budaya dan ekonomi kreatif, bisa muncul dari hasil kolaborasi serta bentuk kreatifitas seni yang sudah ada. Menurut Wawan, seni bukan sesuatu yang mistis, setiap atraksi setiap kegiatan harus jadi bahan pertunjukan bagi umum.

"Seni perlu ada kolaborasi, tidak harus diacara adat dikegiatan pemerintah pun tampilan seni setiap daerahnya perlu ada, jangan dijadikan sesuatu yang mistis lagi harus dikemas sesuai zaman tanpa meninggalkan point budayanya," tambah Wawan.***(rsi)


pariwisata, sumedang, ngadu bako 2020

Berita Terkait