CIMALAKA - Kelompok Wanita Tani (KWT) Gemilang Desa Cibeureum Kulon  praktek olahan berbahan talas dan singkong. Praktek olahan ini untuk meningkatkan kompetensi keterampilan mengolah makanan  berbahan dasar talas dan singkong di Sekertariat KWT Gemilang Desa Cibeureum Kulon, Rabu (25/11/2020)

Ketua KWT Dedeh Kusmayati mengharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan keterampilan anggota dalam mengolah makanan berbahan dasar hasil tani. "Olahan yang dibuat dari pelatihan ini berupa Karoket talas dan lapis singkong, mudah-mudahan bisa meningkatkan keterampilan dalam mengolah makanan hasil tani," katanya. 

KWT Gemilang selain produktif mengolah abon ayam untuk dijual, juga membuat snack makanan berbahan dasar hasil tani dan telah mendapat nomor Izin Produk Industri Rumah Tangga dari Dinas Kesehatan Sumedang.  "Adanya pelatihan rutinan setiap bulannya setiap anggota menjadi lebih produktif memanfaatkan bahan bahan yang ada untuk diolah menjadi lebih menarik, olahan yang dibuat oleh KWT sudah mendapat No. P-IRT nya dari Dinas Kesehatan Sumedang," tambahnya. 

Kepala Desa Cibeureum Kulon Suhena menghimbau anggota KWT harus semakin inovatif mengolah makanan dari bahan dasar ubi serta hasil tani lainnya. "Pelatihan yang diberikan harus menghasilkan dengan terus dipraktekan dan dibuat terus inovasi olahan lainnya agar bahan dasar ubi serta hasil tani lainnya lebih menarik sehingga bisa menjadi mata pencaharian anggota KWT," ujarnya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)