Lahan Desa Ditanami Pohon Pisang


Baca juga : Lahan Desa Ditanami Pohon Pisang


TANJUNGKERTA – Lahan seluas dua hektare milik kas Desa Tanjungmekar, Kecamatan Tanjungkerta ditanami pohon pisang kampenis (cavendish). Penanaman ini sebagai langkah pemberdayaan masyarakat melalui Dana Desa (DD).  "Penanaman pohon pisang ini sebagai program pemberdayaan masyarakat melalui Dana Desa. Dari 36 hektare tanah kas desa, dua hektare kami tanami pohon pisang," kata Kepala Desa Tanjungmekar, Didin Duri, Senin (18/11/2019).

Dari dua hektare tanah kas desa tersebut, ditanami sebanyak 1.000 pohon pisang. Penanaman ini melibatkan kelompok tani Desa Tanjungmekar.  "Kami melibatkan langsung kelompok tani. Dari pada lahan kosong tidak tergarap, lebih baik ditanami supaya bisa menghasilkan," ujarnya.

Didin menyebut, pohon pisang kampenis dipilih karena inovasi baru. Sebab menurutnya, pohon pisang kampenis merupakan jenis pohon pisang yang langka. Dikatakan, penanaman pisang ini juga bekerjasama dengan salah seorang warga desa, yang menyiapkan benih pohon. "Jadi nanti hasil dari panen pisang akan ditampung oleh salah satu warga kami tersebut, sebagai penyedia benih. Sebagai bahan sale pisang kampenis," katanya. (agn)


Dana Desa, Tanjungkerta

Berita Terkait