Lahan Pertanian Jadi Destinasi Wisata


Baca juga : Pemkab Sumedang MoU dengan NHI Bandung Bangun Ekosistem Parawisata
Desa Harus Jadi Destinasi Wisata
Bupati Minta Sinkronisasi Perencanaan Pemkab-Desa
Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya


DIPARBUDPORA - Kepala Desa (Kades)  Margamukti, Kecamatan Sumedang Utara  H. Maman Suparman menghadiri kegiatan ngaladog atau ngawangkong lila di golodog. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh bengkel Seni lentera Absurd yang bertujuan untuk mengangkat potensi potensi Sumedang, dihalaman gedung Disparbudpora.

Kegiatan yang dihadiri oleh para penggiat seni Sumedang ini tidak hanya membahas program Sumedang dari sisi pemerintahnya, melainkan potensi seni dan kebudayaan yang harus tetap dipertahankan demi terwujudnya Sumedang kota wisata yang berbudaya.

Desa Margamukti ini memiliki potensi wisata alam dan kesenian yang harus tetap dilestarikan. Kades Maman menyampaikan bahwa Margamukti memiliki potensi lahan pertanian yang menjanjikan dengan irigasi air yang baik.  "Lahan pertanian yang luas harus dimanfaatkan baik hasilnya ataupun suasananya, potensi yang luar biasa harus jadi modal utama menjadi desa yang mandiri," ujar Maman.

Lahan pertanian yang luas tersebut menghadirkan kesenian rakyat yang dapat menambah daya tarik wisatawan.  "Banyak potensi wisata dan seni yang perlu kita kembangkan dan terus di lestarikan, kami sering melaksanakan acara tahunan yaitu panen raya sebagai bentuk syukur hasil panen yang melimpah," katanya.

Panen raya merupakan upacara syukuran yang diisi dengan kesenian jentreng. [rsi]


Kabupaten Wisata, Destinasi, Desa,

Berita Terkait