SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE - Program Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) diluncurkan untuk mencegah rawan pangan bagi warga eks genangan Jatigede. Program disalurkan ke Gapoktan Karya Mekar, Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede dari UPTD Pertanian Wilayah Jatigede.
Kepala UPTD Pertanian pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Wilayah Jatigede, Cahyadi menyebutkan bantuan program LDPM tersebut berupa gabah kering sebanyak 10 ton dan disalaurkan ke Gapoktan warga eks genangan. Program LDPM bersumber dari Program Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat
"Tahun ini alokasi bantuan untuk Jatigede memang hanya untuk 1 kelompok. Banyuan LDPM ini berupa sarana gudang, pengadaan gabah kering sebanyak 8 ton dan cadangan gabah kering 2 ton," ujar Cahyadi.
Program LDPM bertujuan sebagai bantuan cadangan pangan dalam antisipasi rawan pangan. Bantuan ini bersipat keberlajutan karena dikelola kelompok. Adapun pola bantuan bukan hibah tapi simpan pinjam. Sehingga nantinya bantuan ini terus bergulir.
"Perinciannya yang 8 ton untuk modal kelompok. Jumlah ini harus bergulir. Mekanismenya diatur kelompok yang penting bisa menghasilkan usaha dan membantu meringankan penyediaan pangan bagi warga," ujarnya.
Pengurus Kelompok Karya Mekar, Sihabudin menyebutkan, pengelolaan bantuan LDPM dengan cara meminjamkan gabah ke warga yang sangat memtapihkan tapi dengan pengembalian yang mudah dan ringan. Karena pada dasarnya bantuan LDPM membantu masyarakat yang kurang pangan secara berkesinambungan.
"Bantuan LDPM sangat membantu karena selain mendapat bisa diberdayakan oleh masing-masing warga juga bisa mendapatkan hasil yang bisa dimanfaatkan oleh warga juga," tuturnya.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)