Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

DINSOS - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang, Dikdik Sadikin, mengatakan Pemda Sumedang akan membuat regulasi terkait penyelenggaraan kelansiaan. 

"Rencananya tahun ini kami akan membuat naskah akademiknya dan bisa disampaikan oleh bagian Kesejahteraan Rakyat di Setda ataupun dari kami lebih lanjut dibicarakan lagi," kata Dikdik, saat menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024, di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia, Dusun Ujungjaya, Kecamatan Ujungjaya, Selassa, 11 Juni 2024.

Menurut Dikdik, dengan keberadaan sejumlah Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dapat membantu para lansia menikmati hari tua. Ia menggambarkan seperti yang telah dilakukan oleh Yayasan Hanjduang Mekar Indonesia atau Lembaga Kesejahteraan Sosial dan LKS Aki Uya dari Conggeang yang telah berinisiasi untuk melaksanakan memperingati HLUN.

"Kami bersyukur, di sana tidak ada lansia yang terlantar dan tidak ada kasus- kasus seperti tahun kemarin, yang mana banyak lansia ditelantarkan oleh keluarganya karena sesuatu hal mungkin faktor ekonomi," ujarnya.

Terpisah, Ketua Panitia sekaligus Ketua Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Kecamatan Ujungjaya, Entang Hernawati, mengatakan dalam kegiatan bertemakan ‘Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif di Kabupaten Sumedang’ tersebut diberikan piagam penghargaan kepada para tokoh terpilih. Termasuk pemberian kebutuhan alat bantu, sembako dan sandang kedaruratan yang disaksikan oleh jajaran di lingkungan Dinas Sosial Kabupaten Sumedang

Sementara rangkaian acara HLUN diantaranya senam sehat bersama lansia, pertunjukan seni, gelar Produk UMKM hasil dari karya lansia produktif, dan cek pemeriksaan kesehatan dibantu oleh Puskesmas.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)