SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO - Dari 10 Desa yang ada di Kecamatan Wado, tiga diantaranya, Desa Sukajadi, Ganjaresik dan Cimungkal merupakan desa yang berada di kaki Gunung Cakrabuana. Berada di ketinggian sekitar 1.200 meter dari permukaan laut, tiga desa itu merupakan daerah perbukitan yang kini mempunyai sumber  potensi alam yang menjanjikan.

Di kawasan ini terhampar lahan perkebunan sayuran mencapai 1.000 hektare. Masyarakat menanam berbagai jenis sayuran seperti  kol, bawang merah, bawang daun, cabe, tomat, sosin, jagung dan sawi.  Komoditas sayuran tersebut membuat  menjadi sentra sayuran. 
“Karena wilayah kami pegunungan dengan iklim yang seperti di Lembang atau Pangalengan Bandung, maka cocok untuk perkebunan sayuran," ujar Kades Cimungkal,Dede Rustandi, Selasa (8/10).

Dari jumlah penduduk 5.057 jiwa  hampir 98 persennya adalah berprofesi petani dan buruh tani. "Warga bisa memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam sayuran,” katanya.

Sayuran menyumbangkan pendapatan yang  besar bagi warganya. Pemasaran sayuran dari wilayahnya sampai ke pasar-pasar induk di berbagai daerah seperti Bandung dan Jakarta. 

Diakui para Kepala Desa kini ada dukungan berbagai fasilitas atau kemudahan. Diantaranya bantuan permodalan dan membaiknya insfrastruktur untuk akses ke wilayah perkebunan di tiga desa tersebut. Perkembangan sektor pertanian dan perkebunan di tiga wilayah itu semakin membaik.  "Mulusnya  insfrastruktur  ke tiga desa itu,memperlancar proses pengangkutan komoditas sayuran sehingga transaksi jual beli sayuran berjalan lancar," katanya. [nsa]

(penerbit: sumedangkab.go.id)