SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE- Bendungan Jatigede memang sudah jadi destinasi wisata banyak orang terutama kota dan kabupaten tetangga. Agar hewat waktu dan  tenaga, yuk perhatikan dulu alur, arah, dan jalan yang harus dilalui oleh pengunjung menurut tempat asal pengunjung. Ini berguna agar tidak terjebak macet atau malah melawan arus pengunjung.

Bagi wisatawan yang akan menuju ke lokasi wisata di wilayah zona pandang di Cijeunjing
Kecamatan Jatigede, maka untuk menuju ke lokasi ini, Anda bisa menggunakan akses dari Tomo melalui ruas jalan Tomo-Jatigede. Jika pengunjung dari Sumedang/Bandung bisa menggunakan akses jalan Situraja-Pajagan-Areal Waduk Jatigede(Cijeunjing). 
Kemudian pengunjung dari wilayah Garut dan Tasikmalaya bisa menggunakan ruas jalur Malangbong- Wado-Cisitu kemudian Pajagan.
Nah, kalau untuk mencapai titik pesisir Cisema dan Puncak Damar Baros pengunjung dari
wilayah Majalengka/Cirebon bisa masuk dari Tomo-Pajagan-Cigintung-Cisema. Dari arah Sumedang/Bandung masuk dari
Situraja- Cigintung-Cisema, sedangkan dari arah Garut /Tasikmalaya melintasi Wado-Darmaraja-Cisitu-Cigintung dan masuk Cisema.
Kemudian untuk menuju titik pesisir Sadang/ Cipaku. Dari arah Cirebon/Majalengka, pengunjung bisa memakai akses jalan Tomo-Jatigede-Cisitu dan masuk dari arah pertigaan Cinawing
(Darmaraja). Dari arah Sumedang/Bandung melintasi jalan Sumedang-Wado
dan belok di pertigaan Cinawing di KM.24. Untuk dari arah Garut/Tasikmalaya melintasi Malangbong-Wado-Darmaraja-Cipaku. Untuk mengunjungi pesisir Cibogo, pengunjung dari arah Majalengka/Cierbon harus memutar melintasi Tomo-Jatigede –
Cisitu-Darmaraja. Dari arah Sumedang/Bandung hanya melintasi jalan
Sumedang –Wado, tepat dari Alun-alun Darmaraja menuju Cibogo sekitar 2
km.  Begitupun dari arah Garut/Tasikmalaya melintasi Malangbong-Wado-Darmaraja.
Disejumlah titik pertigaan masuk ke wilayah masing-masing kini sudah
banyak terpasang penunjuk arah yang dibuat masyarakat.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)