DINKES -  Hasil re-akreditasi yang dilakukan tim asesor dari Kementrian Kesehatan RI terhadap  lima puskesmas di Kabupaten Sumedang pada pada tahun 2019,  menempatkan Puskesmas Cimalaka dan Situraja menjadi puskesmas tingkat utama.

Kabid Pelayanan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang,  Emay Kusmayati mengatakan pada akreditasi pertama tahun 2016 lalu puskesmas Cimalaka hanya meraih puskesmas  tingkat Dasar, sedangkan Situraja tingkat Madya.   "Artinya selama kurun waktu tiga tahun itu ada peningkatan, sehingga tingkatan hasil akreditasinya meningkat, lebih lebih untuk puskesmas Cimalaka dari dasar menjadi utama," kata Emay, Minggu (2/2/2020).

Ditambahkan  Emay,  selain Puskesmas Cimalaka dan Situraja, dua puskesmas lagi yang juga dilakukan re akreditasi pada tahun 2019 dan mengalami peningkatan yaitu puakesmas Ujungjaya dan Buahdua yaitu dari Dasar menjadi Madya.  Untuk Puskesmas Kotakaler setelah dilakukan re akreditasi pada tahun 2019 lalu, hasilnya tetap Madya.

Diakuinya, untuk puskesmas-puskemas yang ada di wilayah kota memang sangat sulit ketika ingin meningkatkan tingkatan akreditasi. "Keberadaan lahan yang sempit memang cukup menyulitkan puskesmas di wilayah kota untuk meningkatkan tingkatan," katanya.

Indikator penilaian akreditasi memang bukan hanya pada pelayanan saja tetapi juga pengembangan dari keberadaan puskemas tersebut. "Tak adanya lahan parkir serta pagar batas wilayah puskesmas dengan yang lain turut menjadi indikator penilaian," katanya.

 Untuk puskesmas puskesmas wilayah kota seperti Puskesmas Sumedang Selatan, Kotakaler, Situ memang sulit ketika harus melakukan pengembangan mengingat terbatasnya lahan yang dimiliki.     Namun demikian kalau dari indikator lain sepetri pelayanan, administrasi,  sumber daya manusia masih bisa ditingkatkan.

Sementara itu untuk tahun 2020 ada 10 Puskesmas yang akan dilakukan re akreditasi yaitu puskesmas Jatinangor (Utama), Tanjungsari (Madya), Pamulihan ( Dasar), Rancakalong  (Madya), Margajaya (Dasar), Sukamantri (Madya), Situ (Dasar), Cibugel (Madya), Sumedang Selatan (Dasar), dan Darmaraja ( Madya).   (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)