SUMEDANGKAB.GO.ID, KEMENAG - Sebanyak 163 peserta yang terdiri dari Kepala MI, MTs dan MA  se-kabupaten Sumedang mengikuti Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang dipelopori oleh Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia (DPD PGMI) Kabupaten Sumedang.

Orientasi dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan dan  dilaksanakan selama satu hari di Aula Sarana penunjang Pendidikan Kementerian Agama Kabupaten Sumedang, Rabu (2/10/2019).

Ketua Panitia Urip Maryana mengatakan pelaksanaan Orientasi Mabigus  bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan terhadap Undang-Undang Kepramukaan dan AD/ART Gerakan Pramuka kepada para peserta.

Nantinya, madrasah harus dapat meningkatkan peran sertanya dalam mengaktifkan kegiatan kepramukaan di sekolah atau di gugus depan masing-masing.

Menurut Urip, kegiatan ini terselenggara berkat peran serta seluruh satuan pendidikan atau gugus depan serta pangkalan masing-masing yakni berdasarkan swadaya. 

Hasil realisasi atau rencana tindak lanjut dari orientasi ini, pada bulan Desember 2019 mendatang dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti ke 75 akan  diadakan Kemah Terpadu Kementerian Agama se-kabupaten Sumedang.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)